Pengertian Internet Marketing dan Jenisnya

Pengertian internet marketing dapat diartikan sebagai suatu strategi bisnis berbasis pemasaran secara online menggunakan jaringan informatika. Atau yang biasa kita kenal dengan pemanfaatan internet atau digital untuk memasarkan maupun membranding suatu bisnis dan produk baik jasa atau barang. Nah, inilah sebuah terobosan paling kekinian di dunia bisnis. Dikarenakan, kita telah memasuki era kontemporer yang memiliki kebebasan dalam berekpresi dan kemajuan teknologi. Sehingga, sebagian aktifitas dan kegiatan akan banyak beralih di dunia digital.

Terutama dalam dunia bisnis, sudah menjadi sesuatu yang wajib bagi Enterpreneur untuk menyesuaikan perkembangan zaman. Bila ingin mendapatkan kemajuan dan kesuksesan dalam usaha Anda. Jika tidak mengambil manfaat pemasaran online, tentu Anda akan mengalami bisnis yang stagnan. Bahkan, hanya terjebak pada jualan saja tanpa mengandung strategi. Dampaknya, suatu usaha tidak dapat meningkat menjadi bisnis yang besar.

Mengapa begitu pentingnya menerapkan cara menjadi internet marketer? Pertimbangan paling utama terletak pada jangkauan pemirsa. Menggunakan strategi penjualan offline, Anda membutuhkan banyak waktu untuk mengenalkan brand bisnis. Sedangkan internet marketing, hanya dengan waktu yang relatif singkat brand Anda sanggup dikenal banyak kalayak umum. Bahkan hingga ke dunia global. Selain itu marketing secara digital bisa membangun brand awareness, bila Anda tepat dan mahir dalam menerapkan strategi internet marketing.

Sehingga, akan menggiring market untuk tertarik dengan bisnis Anda dan membeli produk. Terlebih, bisa mendatangkan relasi Mitra bisnis yang makin mempercepat perkembangan usaha Anda. So, untuk lebih detailnya dan meyakinkan Anda akan kelebihan pemasaran online. Kami tidak hanya membahas seputar pengertian internet marketing. Namun, di bawah ini akan kami sajikan secara mendalam berhubungan dengan jenis internet marketing dan kegunaannya. Selamat memperhatikan informasi dari kami ya Pemirsa. Cekidot.

  1. Website
    Website menjadi jenis internet marketing yang paling utama dan urgen. Mengapa? Karena dengan penggunaan website, dapat menunjukkan grade bisnis Anda yang lebih profesional dan berkualitas. Selain itu, website juga dapat dijadikan kantor secara online. Di mana, para pemirsa akan mencari tahu seputar bisnis Anda ke website. Terlebih, website menjadi salah satu yang akan terkunjungi paling awal jika orang mencari di mesin pencarian pada Google.
  2. SEO (Search Engine Optimation)
    SEO merupakan suatu tekhnik strategi di dunia cara menjadi internet marketer. Terutama, berhubungan dengan website. SEO sangatlah diperlukan dalam mengopimatikan situs di mesin pencari. Supaya situs Anda terdeteksi mesin pencari Google, dan meningkatkan rangking di depan. Sehingga, para pemirsa akan lebih mudah mengenal dan mengunjungi situs bisnis Anda. SEO diterapkan dengan beragam jenis cara. Baik itu memasukkan pengulangan keyword di konten, membuat backlink, mendaftarkan link di tools tertentu, pemilihan domain yang TLD (Top Level Domain).
  3. SEM (Search Engine Marketing)
    Tujuan dari SEM sama seperti SEO yakni mengoptimalkan di mesin pencari, supaya memiliki rangking terdepan dan mudah dikunjungi pemirsa. Supaya banyak kalayak mengenal bisnis dan produk Anda, kemudian membelinya. Pembedanya dengan SEO terletak pada metode. SEO cenderung menggunakan trik-trik bersifat non berbayar. Sedangkan SEM cenderung instan karena sudah dibantu dengan tools berbayar dalam manfaat pemasaran online dan memenangkan di mesin pencari.
  4. Content Writing
    Content writing adalah sebuah tulisan yang bersifat informasi dan wawasan yang diposting pada website. Bertujuan untuk update dan menjaga website tetap aktif, serta memberikan edukasi pada Customer. Selain itu, tujuan paling utama adalah memasukkan teknik SEO keyword pada tulisan tersebut. Supaya meningkatkan optimasi website di mesin pencari. Tulisan content writing sebagai pengertian internet marketing biasanya disebut dengan artikel.
  5. Copywriting
    Copywriting merupakan tekhnik penulisan dan jenis internet marketing yang bertujuan untuk membranding suatu bisnis dan produk. Demi memikat para pemirsa untuk memilih bekerjasama dengan bisnis tersebut dan membeli produk. Tulisan ini menggunakan gaya bahasa yang meyakinkan pembaca, bahwa produk ataupun bisnis tersebut benar-benar sangat pemirsa butuhkan dan memberikan banyak keunggulan. Berbeda dengan content writing yang hanya diposting pada website. Copywriting justru dapat diposting di manapun platformnya. Baik itu pada website, sosial media, email, dan sejenisnya.
  6. Google My Business
    Google My Business, menjadi salah satu fitur atau platform yang diberikan Google secara gratis untuk menampilkan bisnis Anda. Kelebihan pemasaran online Google My Business bersifat memberikan informasi terkait bisnis Anda, review para Mitra atau Customer, pemberian bintang (Kualitas bisnis), foto-foto dan gambar berhubungan dengan bisnis Anda.
  7. Video Marketing atau Youtube
    Video marketing juga salah satu jenis internet marketing yang bertujuan membranding dan mengenalkan bisnis maupun produk. Banyak bentuk tampilan pada video yang dibuat. Ada yang menampilkan testimoni. Ada yang bersifat pemberian informasi terkait bisnis. Maupun yang berbentuk layaknya iklan di televisi. Nah, video marketing ini bisa diposting pada Youtube.
  8. Google Adword
    Google Adword menjadi salah satu platform yang bertujuan menampilkan kampanye iklan bisnis Anda. Platform ini membutuhkan budget atau berbayar dalam penggunaannya.
  9. Google Ads
    Google Ads juga menjadi cara menjadi internet marketer. Dikarenakan, ini sebuah platform advertishing dari Google yang juga berbayar.
  10. Google Analitik
    Seperti namanya manfaat pemasaran online dengan platform Google Analitik bertujuan untuk menganalisa traffik website. Berkaitan dengan pengunjung website Anda, kata kunci yang banyak dicari, meningkatkan traffik, menganalisa SEO dan CPC, mengetahui produk yang banyak disukai pengunjung, memonitoring visitor website Anda, dan lain sebagainya.
  11. Sosial Media Marketing
    Nah, yang satu ini pasti sudah banyak yang menggunakannya sebagai jenis internet marketing. Terutama untuk yang akun gratisan, pasti banyak di antara Anda yang membuat Olshop di berbagai sosial media. Diantaranya seperti Facebook, Whatshapp, Instagramm, Twitter, dan lain-lain. Untuk lebih efektif, Anda perlu meningkatkan sosial media marketing dengan yang premium. Yakni menggunakan Facebook Ads, Instagram Ads, dan sejenisnya.
  12. Dropshipper
    Dropshipper merupakan sebuah jenis internet marketing yang memasarkan produk suatu produsen maupun perusahaan di dunia maya, dengan tanpa membawa barang. Jadi, memasarkannya berbentuk gambar atau foto produk.
  13. Penggunaan Platform Iklan
    Penggunaan platform iklan juga menjadi salah satu pengertian internet marketing. Anda dapat menentukan platform yang sesuai pilihan. Kemudian memasang iklan pada situs website Anda. Banyak variasi yang menyediakan layanan iklan seperti Google Adsense, Adword, Adnow, Propeller Ads, dan sejenisnya.

Demikianlah artikel kami yang membahas tentang Pengertian internet marketing dan jenis internet marketing. Semoga bermanfaat untuk Anda dalam memberikan wawasan terkait cara mengembangkan kemajuan bisnis dengan efisien dan efektif. Terlebih, kita sudah berada pada era kontemporer yang semua serba digital. So, dengan penggunaan jaringan informatika bisnis akan lebih mudah dikenal banyak orang. Terdapat variasi trik dalam membangun brand awareness. Agar mendatangkan banyak pemirsa yang tertarik dengan bisnis dan produk yang Anda tawarkan.

Dengan begitu baik omset dan grade bisnis Anda pun akan cepat meroket. Oke, sekian artikel dari kami ya Guys. Jangan sekedar dibaca saja ya. Tetapi, Anda perlu menerapkan secara langsung. Supaya segera mempercepat kemajuan bisnis. Jika bisa sukses dalam waktu dekat dan ada jalannya, mengapa menunggu waktu berikutnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 5 =